Cara Menemukan Guru Sejati Menurut Imam Ghazali

- 17 Desember 2022, 08:33 WIB
Cara Menemukan Guru Sejati Menurut Imam Ghazali
Cara Menemukan Guru Sejati Menurut Imam Ghazali /facebook/adib/

PENDIDIKAN - Cara Menemukan Guru Sejati Menurut Imam Ghazali.

Mendapatkan guru sejati adalah salah satu kunci sukses untuk meriah ilmu yang manfaat dan penuh berkah. 

Imam Ghazali memberikan cara khusus untuk menemukan guru sejati, sehingga seorang murid menemukan jalan yang tepat untuk mengarungi kehidupan. 

Baca Juga: Nasihat Gus Baha Agar Kamu Taubat Tidak Melakukan Zina, Amalan Berupa Kalimat Langsung dari Nabi

Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Ayyuhal Walad, Imam Ghazali menegaskan bahwa seorang murid atau disebut juga salik memiliki guru yang memberi petunjuk kehidupan.

فَاعْلَمْ أَنَّهُ يَنْبَغِيْ لِلسَّالِكِ شَيْخٌ مُرْشِدٌ مُرَبٍّ لِيُخْرِجَ الْأَخْلَاقَ السَّيِّئَةَ مِنْهُ بِتَرْبِيَتِهِ وَيَجْعَلَ مَكَانَهَا خُلُقًا حَسَنًا. وَمَعْنَى التَّرْبِيَةِ يَشْبَهُ فِعْلَ الْفَلَّاحِ الَّذِيْ يَقْلَعُ الشَّوْكَ وَيُخْرِجُ النَّبَاتَاتِ الْأَجْنَبِيَّةَ مِنْ بَيْنِ الزَّرْعِ لِيَحْسُنَ نَبَاتُهُ وَيَكْمُلَ رِيْعُهُ

Ketahuilah bahwa sudah seharusnya bagi salik memiliki guru yang memberi petunjuk dan yang memberi pendidikan untuk menghilangkan akhlak yang buruk darinya dengan mendidik dan menjadikan akhlak yang baik di dalam dirinya.

Makna pendidikan menyerupai dengan pekerjaan petani yang menghilangkan duri dan mencabuti tumbuhan pengganggu supaya tanamannya bagus dan hasilnya sempurna. 

Bagaimana penjelasan Imam Ghazali terkait ciri-ciri guru yang mampu memberikan petunjuk kepada jalan kebenaran? Simak penjelasan lanjutannya:

Baca Juga: Amalan Hati Paling Baik Menurut Abah Guru Sekumpul, Agar Ibadah Diterima dan Meraih Husnul Khotimah

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x