2 Ribu Jadi 2 Miliar, Kisah Gus Ulil Sowan Kepada Habib Syech Solo

- 4 Februari 2022, 02:23 WIB
2 Ribu Jadi 2 Miliar, Kisah Gus Ulil Sowan Kepada Habib Syech Solo
2 Ribu Jadi 2 Miliar, Kisah Gus Ulil Sowan Kepada Habib Syech Solo /facebook.com/ulil67/

BERITA BANTUL - Ulil Abshar Abdalla, yang akrab disapa Gus Ulil, adalah pengampu Ngaji Ihya yang fenomenal. Gus Ulil adalah pelopor ngaji online yang kemudian diikuti para kiai dan ustadz dari berbagai pesantren.

Gus Ulil sosok yang asyik. Tapi kalau sudah bicara, yang disampaikan sangat meyakinkan karena didukung referensi yang kaya dan melimpah. 

Gus Ulil tak lain adalah murid KH Sahal Mahfudh Pati dan juga menantu KH Mustofa Bisri (Gus Mus) Rembang. 

Baca Juga: Gampang Tersinggung dan Mudah Marah Disebabkan Salah Pahami Diri Sendiri, Bagaimana Solusinya?

Ada kisah Gus Ulil yang sangat mengesankan saat ia sowan kepada Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf Solo. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook Ulil Abshar Abdalla yang diunggah pada 7 Januari 2022. 

"Sudah lama saya ingin sowan ke rumah Bib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, atau yang lebih dikenal dengan Bib Syech, tetapi baru terlaksana Rabu, 5 Januari 2022," tegas Gus Ulil. 

Gus Ulil mengisahkan bahwa pisowanan kepada Habib Syech adalah pengalaman yang amat mengasyikkan. Sore itu, ada sejumlah rombongan dari Pati, Yogya, dan daerah lain. Ada sekitar dua ratusan an tamu.

"Bib Syech duduk di tempat khusus yang biasanya langsung berfungsi sebagai "mihrab", tempat imam salat. Selama kurang lebih satu setengah jam, saya berada di ruangan Sayyidat al-Asyiqat, mendengarkan Bib Syech bercakap-cakap dengan para tamu," kisah Gus Ulil.

Bagi Gus Ulil, Bib Syech adalah teman ngobrol yang amat asyik dan gemar melucu.

"Pada diri beliau saya melihat sosok kiai Jawa pada umumnya: santai, suka humor, dan akrab. Selama satu setengah jam tamu-tamu dihibur dengan ceramah, guyonan, dan tanya jawab. Dan momen yang paling ditunggu-tunggu para tamu adalah ini: melantunkan "Syiir Tanpa Waton", dan dipimpin oleh beliau sendiri," tegasnya. 

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook Gus Ulil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x