Menag Yaqut terkait Azan dan Anjing, Ketua MUI DIY: Itu Hanya Pelintiran Orang, Cermati Substansi Pokok Pesan

- 25 Februari 2022, 13:39 WIB
Kata MUI DIY terkait Pernyataan Menag Yaqut tentang Adzan
Kata MUI DIY terkait Pernyataan Menag Yaqut tentang Adzan /tangkapan layar Youtube Al Makin Books/

BERITA BANTUL – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menuai banyak kritikan. Pernyataannya saat ditanya wartawan di Pekanbaru terkait suara anjing dinilai melecehkan agama.

Terjadi pro dan kontra yang ramai di jagat media sosial. Komentar warganet bermacam-macam, ada yang meluruskan dan ada yang menghujat kasar.   

Menanggapi hal itu, Majelis Ulama Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (MUI DIY) ikut angkat bicara.

Baca Juga: Menag Yaqut Tak Membandingkan Adzan dengan Suara Anjing, Berikut Penjelasannya

Seperti dikutip beritabantul.com dari Kemenag DIY, Ketua MUI DI, Prof KH Machasin MA menilai Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak sedang membandingkan azan dan gonggongan anjing seperti yang sedang ramai dibahas.

"Jadi tidak ada itu membandingkan azan dan gonggongan anjing," terang Prof KH Machasin, pada Jumat 25 Februari 2022.

Menurutnya, analogi yang digunakan Menag Yaqut dengan membandingkan azan dan gongongan anjing, adalah untuk memperlihatkan dua sudut pandang.

Ia juga meyakini Menag Yaqut tidak dalam posisi membandingkan azan dan gonggongan anjing. Soal kegaduhan yang terjadi, menurutnya hanya pelintiran orang yang ingin mengaburkan.

Mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu meminta masyarakat untuk mencermati substansi pesan pokok dari Menag Yaqut.

"Hanya pelintiran orang yang ingin mengaburkan pesan pokok Gus Menteri. Sebaiknya mencermati substansi pesan pokok dari Gus Menteri,” katanya.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Kemenag DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x