Pencak Silat Indonesia Berjaya di Malaysia, Ini Komentar Ketum Pagar Nusa Nabil Haroen

- 2 Agustus 2022, 23:20 WIB
Pencak Silat Indonesia Berjaya di Malaysia, Ini Komentar Ketum Pagar Nusa Nabil Haroen
Pencak Silat Indonesia Berjaya di Malaysia, Ini Komentar Ketum Pagar Nusa Nabil Haroen /beritabantul.com/

BERITA BANTUL - Pencak Silat Indonesia Berjaya di Malaysia, Ini Komentar Ketum Pagar Nusa Nabil Haroen.

Indonesia menjadi juara umum dalam kejuaraan World Pencak Silat Championship 2022 di Malaka, Malaysia, 26-31 Juli 2022 lalu.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, M. Nabil Haroen mengungkapkan bahwa pada dasarnya pencak silat merupakan soft power dalam diplomasi Indonesia, yang harus didukung bersama.

Baca Juga: Pagar Nusa Korea Selatan Diresmikan, Tepat Jadi Jembatan Diplomasi Perdamaian

Ajang World Pencak Silat Championship 2022 ini diikuti oleh 40 negara, di antaranya: Jerman, Iran, Belanda, Britania Raya, Amerika Serikat, Azerbaijan, Bangladesh, Canada, dan Vietnam.

Indonesia mengirimkan 37 wakil dalam perhelatan ini, serta meraih juara umum dengan perolehan 11 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Nabil Haroen mengungkapkan bahwa saat ini para atlet pencak silat Indonesia merupakan bagian dari diplomasi kebudayaan, maka harus didukung bersama-sama.

“Pencak Silat Indonesia harus terus mendapat dukungan dari pemerintah, pihak swasta, dan terlebih masyarakat. Pencak Silat merupakan kekuatan dan sekaligus khazanah budaya Indonesia yang sangat kaya," tegasnya kepada BeritaBantul.com, 2 Agustus 2022.

Menurutnya, di dalam pencak silat terkandung falsafah, mental, strategi, kekuatan fisik dan intelegensia, dan juga budaya Nusantara, yang menjadi cerminan dari Indonesiaa saat ini.

Baca Juga: Kaderisasi dan Jejaring Luar Negeri Akan Dikuatkan Pagar Nusa

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x