NU Makin Besar Jumlah Warganya, Tembus 120 Juta, Ini Rahasianya Menurut Gus Yahya

- 6 Februari 2022, 21:57 WIB
Jumlah warga NU terus membesar menurut Gus Yahya
Jumlah warga NU terus membesar menurut Gus Yahya /antara/

BERITA BANTUL - Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi kemasyaratakan yang dirikan para ulama di Surabaya, 31 Januari 1926 bertepatan 16 Rajab 1344 H. 

Tokoh sentral NU tak pernah lepas dari tiga tokoh dari Jombang, yakni KH Hasyim Asy'ari Tebuireng, KH Wahab Chasbullah Tambakberas dan KH Bisri Syansuri Denanyar.

Memasuki abad ke-21, tokoh penting NU adalah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang menjabat Ketua Umum PBNU sejak 1984-1999. Tahun 1999, Gus Dur naik jadi Presiden RI. 

Baca Juga: Puisi Gus Mus Negeri Teka-teki, Kamu Akan Merasakan Dustamu Sendiri

Baca Juga: Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur, Cukup Siapkan Rp15 Ribu, Sajian Daun Pisang Rasanya Jadi Maknyus

Dalam perjalanannya, NU tak pernah dilepaskan dari berbagai problem kebangsaan dan kenegaraan. NU selalu terdepan menjaga kedaulatan NKRI. 

Karena itu, NU akhirnya terus hadir di berbagai ruang publik. Perannya makin besar dan menyentuh basis persoalan warga. Jumlah warga NU juga terus naik, bukan turun.

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal YouTube Al-Munawwir TV, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjelaskan bahwa Nahdlatul Ulama adalah organisasi besar yang dalam perjalanannya semakin membesar.

"Catatan sejarah menegaskan kian besarnya NU. Pada Pemilu 1955, Ketika menjadi partai politik, NU tercatat memiliki konstituen sebesar 18 persen. Membesarnya NU tak mampu dibendung oleh Rezim Orde Baru yang selama 32 tahun kekuasaannya berupaya mengkerdikan dan membatasi ruang gerak organisasi para kyai dan santri ini," tegas Gus Yahya, sapaan akrabnya, dalam momentum Haul ke-83 KH Munawwir Krapyak Yogyakarta, 13 Januari 2022, yang disiarkan Al-Munawwir TV. 

Baca Juga: Suami Nakal Suka Lirik Tetangga Sebelah, Jangan ke Dukun, Amalkan Doa Kyai Ghofur Sunan Drajat Lamongan

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Almunawwir TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x