KH Dimyati Rois Ketua Dewan Syuro PKB Wafat, Muhaimin Iskandar Menuju Tempat Duka

- 10 Juni 2022, 03:35 WIB
KH Dimyati Rois Ketua Dewan Syuro PKB Wafat, Muhaimin Iskandar Menuju Tempat Duka
KH Dimyati Rois Ketua Dewan Syuro PKB Wafat, Muhaimin Iskandar Menuju Tempat Duka /Facebook/ Kang Poernomo

BERITA BANTUL – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berduka sebab kehilangan tokoh ulama NU yang telah memimpin Dewan Syuro ialah KH Dimyati Rois.

KH Dimyati Rois pernah menjadi pengurus DPW PPP Jawa Tengah, DPP PKB dan DPP PKD. Ia termasuk kiai yang sangat dihormati oleh PKB.

Pada saat ini KH Dimyati Rois telah selesai dalam membimbing PKB karena wafat dipanggil oleh sang Maha Kuasa, saat ini dikabarkan Muhaimin Iskandar langsung meluncur ke rumah duka.

Baca Juga: Profil KH Dimyati Rois Kaliwungu Kendal, Mustasyar PBNU, Anggota Ahwa dan Ketua Dewan Syuro PKB

Pada masa Orde Baru, beliau pernah menjadi anggota MPR RI melalui jalur Utusan Golongan yang diajukan PPP (Partai Persatuan Pembangunan).

Setelah Orde Baru tumbang dan muncullah era Reformasi, para politisi dan pengurus PBNU bergerak membentuk partai baru sebagai usulan kaum nahdliyin yang ingin aspirasinya tertampung.

Beliau masuk dalam jajaran pengurus PBNU yang ikut mendeklarasikan lahirnya PKB. Beliau bersama KH. Cholil Bisri, KH. Mustofa Bisri, KH. Abdurrahman Wahid, KH. Munasir Ali, KH. Muchit Muzadi, KH. Ma’ruf Amin, KH. Ilyas Ruchiyat dan ulama lainnya menjadi Deklarator PKB.

Baca Juga: Biografi KH Dimyati Rois Kaliwungu Kendal, Sang Ulama Kharismatik

Setelah Gus Dur dilengserkan dalam Sidang Istimewa (SI MPR RI) dan memasuki pemilu kedua di era Reformasi, mulai muncullah riak-riak dalam dunia perpolitikan Indonesia termasuk menimpa PKB.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Laduni.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x