Ciri Utama Demokrasi Pancasila di Indonesia menurut Gus Hilmy

- 19 September 2022, 08:42 WIB
Ciri Utama Demokrasi Pancasila di Indonesia menurut Gus Hilmy
Ciri Utama Demokrasi Pancasila di Indonesia menurut Gus Hilmy /amru/

YOGYAKARTA - Demokrasi Pancasila yang dimiliki Indonesia mempunyai ciri utama yang membedakan dengan demokrasi yang berlaku secara umum. 

Menurut Dr KH Hilmy Muhammad, seluruh bangsa Indonesia telah menyadari bahwa Pancasila adalah jalan tengah dan jawaban atas keberagaman multidimensional yang ada di Indonesia.

Diharapkan, segala unsur dalam negara ini mau membuka diri dan selalu membangun persatuan serta kolaborasi dalam berkehidupan bermasyarakat.

Baca Juga: Ketua PWNU DIY Sebut Pancasila Sebagai Amanat Muktamar yang Harus Dijalankan

Keterangan tersebut disampaikan Dr KH Hilmy Muhammad dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPRI di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yogyakarta, Jl. Ki Ageng Giring, Bansari, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, pada Jum’at, 16 September 2022. 

Gagasan pria yang akrab disapa Gus Hilmy itu berkaitan dengan tema acara, yakni 'Demokrasi Pancasila sebagai Titik Temu Kebhinnekaan Indonesia'.

Menurutnya, Demokrasi di Indonesia memiliki ciri utama dan menjadi perbedaan dengan demokrasi yang berlaku secara umum.

"Tidak hanya mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara, melainkan juga berpijak pada nilai-nilai Pancasila. Sebab itulah, demokrasi di Indonesia disebut sebagai demokrasi Pancasila," tegasnya.

Baca Juga: Gus Hilmy Kritik Pemerintah terkait Data Bantuan Sosial, Agar Subsidi Tidak Salah Sasaran

Berdemokrasi di Indonesia, bagi Gus Hilmy, harus memiliki pengakuan dan bertanggung jawab kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x